SMK YMIK, Muhasabah di Hari Guru Nasional

Muhasabah di Hari Guru Nasional

Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. Jika berada di depan muridnya, seorang guru harus menjadi contoh yang baik. Jika berada di tengah harus memberi ide cemerlang, dan jika berada di belakang harus memberi semangat juang. (Ki Hajar Dewantara).

Setiap tanggal 25 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Guru Nasional. Meskipun tidak ditetapkan sebagai hari libur, namun Hari Guru Nasional dirayakan secara luas dan ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, dari tingkat kecamatan hingga pusat, serta diisi dengan penyampaian pidato bertema pendidikan oleh pejabat terkait.

Kualitas Pendidikan Indonesia di mata dunia sangat menarik. Apalagi jika melihat potret dunia pendidikan melalui posisi atau peringkat pendidikan Bangsa Indonesia di mata dunia.

Muhasabah menjadi sangat penting sebelum kita menyalahkan siapa-siapa. Seperti perkataan sahabat Umar bin Khathab ra, “Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab dan timbanglah diri kalian sebelum kalian ditimbang karena lebih mudah bagi kalian menghisab diri kalian hari ini daripada besok (hari kiamat)”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *